Wednesday, March 19, 2014

Pepes Ikan & Sayur Asem


Ya pasangan makanan ini memang benar-benar pasangan sejati. Bikin iri saja kenapa mereka bisa begitu kompak. ha..ha..ha... Apaan sih ngelantur....
Jadi pepes & sayur asem ini menjadi menu kami hari ini. Eh Elang ternyata suka lho... Tapi Sekar nggak suka, maunya ikan digoreng kering aja katanya.
Resep dari resep andalan mamaku. Sayur asemnya sayur asem ala Shinta :)

Bahan :
5 ekor (500 gram) ikan tongkol pindang, dipotong-potong. (aku pakai ikan  cod)
5 tangkai daun kemangi, dipetik daunnya saja
5 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
Daun pisang & lidi untuk membungkus 

Bumbu halus :
5 buah cabai merah keriting (aku nggak pakai)
2 buah cabai merah besar 
8 butir bawang merah 
4 siung bawang putih 
4 butir kemiri, disangrai 
1 cm kunyit, dibakar 
1 cm jahe 
1 cm lengkuas 

1 batang sereh
1 buah tomat besar
garam sesuai selera
1 sdm gula merah


Cara Membuat :
  1. Aduk rata bumbu halus, dan daun kemangi.
  2. Lumuri ikan tongkol pindang dengan campuran bumbu. Sisihkan.
  3. Ambil daun pisang. Letakkan ikan, daun jeruk, daun salan, dan bumbunya. Bungkus. Semat ujungnya dengan lidi.
  4. Kukus 45 menit di atas api sedang sampai matang. Angkat.
  5. Bakar pepes sampai harum.

2 comments: