Sunday, July 25, 2010

Lemon Meringue Pie


Description:
Waduuhh... bahaya nih kalau buku masakanku dibaca Sekar. Dia jadi minta dibuatin macem-macem. Kalau seleranya sama denganku atau suami sih nggak masalah. Lha ini yang dipilih Lemon Meringue Pie. Aku nggak suka yg foamy gini trus aku nggak suka lemon, lidahku peka sama yang asem-asem soalnya :)) Yasud.... demi cintaku padamu nak akhirnya bikin juga dengan ukuran kecil.
Resep aslinya masih pakai buku "Desserts And After-Dinner Treats" dengan judul masakan yg sama.

Ingredients:
Kulit Pie :
1 1/4 cup terigu protein sedang
2 sdt tepung gula
125 gr butter, potong dadu
2 sdm air es

Filling :
1/4 cup tepung maizena
1/3 cup air
1 cup lemon jus (kira-kira dari 2 bh lemon besar)
2 sdt kulit lemon parut
3/4 cup gula pasir halus (caster sugar)
4 bh kuning telur
30 gr butter

Topping :
4 bh putih telur
3/4 cup gula pasir halus (caster sugar)
1 sdt vanila ekstrak



Directions:
1. Campur terigu, gula halus, dan butter dalam food processor atau menggunakan pisau sampai adonan tampak berbutir-butir. Masukkan air, aduk lagi sampai rata. Tipiskan adonan dengan digiling, tempatkan di loyang pie ukuran 23 cm yang sudah diberi sedikit minyak, tusuk-tusuk dengan garpu. Masukkan ke dalam lemari pendingin minimal 20 menit.
2. Masukkan kulit pie ke dalam oven yg sudah dipanaskan dulu dengan suhu 180C. Masak kurang lebih selama 30 menit atau sampai kulit pie kuning kecoklatan. Dinginkan.
3. Campur tepung maizena dengan sedikit air sampai larut rata. Campur sisa air dengan lemon jus, gula, dan parutan kulit lemon. Aduk sampai gula larut. Masukkan larutan tepung maizena, aduk rata. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan kental. Matikan api.
4. Kocok lepas kuning telur, beri 1 sendok sayur adonan lemon ke dalam kocokan telur, aduk rata. Masukkan adonan telur ke dalam adonan lemon. Aduk rata, lalu nyalakan api kecil, masak lagi selama kurang lebih 1 menit. matikan api, dan dinginkan.
5. Aduk putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, masukkan gula dan vanilla ekstrak, mixer lagi sampai kaku.
6. Taruh lemon filling di atas kulit pie, ratakan. Taruh busa putih telur (topping) diatasnya, bentuk sesuai selera. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 150C di rak paling atas selama kurang lebih 20 menit atau sampai meringue kecoklatan.

7 comments:

  1. ya sudah,...nanti aku minta Sekar deh.. hahahha soalnya aku doyan yang asem-asem...

    ReplyDelete
  2. huahhhhhhhhhhhhhh pengin bisa bikin2 yang penampilannya cantik gini

    ReplyDelete
  3. sisanya kirim aja ke sini ... demammm... tp males bikin he..he..

    ReplyDelete
  4. Hi..hi.. sdh dihabisin si eneng tante..... :p

    ReplyDelete
  5. mb Arum bikin deh.., nggak susah kok...

    ReplyDelete
  6. Sama Sekar juga suka yg asem2 tapi sudah nggak ada sisanya tante Nining..... :p

    ReplyDelete
  7. udah gneper duluan mbak Shinta...........sumprit

    ReplyDelete