Friday, July 16, 2010

Summer Fruit Tart


Description:
Musim panas identik dengan buah berlimpah. Sudah harganya jauh lebih murah rasanya lebih manis lagi. Setelah bosan dibuat smoothie, jadi ingin buat pie. Resep asli aku ambil dari Summer Berry Tart di buku Dessert and After-Dinner Treats terbitan Confident Cooking. Resep kulit pienya tidak pakai kuning telur, agak lain dengan kulit pie yang biasa aku buat. Tapi rasanya enak juga kok.

Ingredients:
Kulit Pie
1 cup tepung serbaguna
90 g butter, potong kecil-kecil
2 sdm gula halus
1-2 sdm air dingin

Filling :
3 bh kuning telur
2 sdm tepung maizena
2 sdm gula pasir halus
1 cup susu cair
1 sdt vanilla essence
10 bh Strawberry
2 bh kiwi
blueberry
2 sdm gelatin,rebus dengan sedikit air untuk olesan buah.

Directions:
Kulit pie :
1. Masukkan tepung, gula halus, dan butter ke dalam food processor selama kurang lebih 15 detik. Tambahkan air, putar lagi sampai tercampur rata. kalau tidak ada food processor bisa juga pakai mangkok dan diaduk-aduk pakai pisau dengan gerakan memotong.
2. Tipiskan adonan agar cukup menutup loyang pie ukuran 20 cm. bentuk pinggirannya lalu tusuk2 dengan garpu dan masukkan ke dalam pendingin selama 30 menit.
3. Taruh kertas roti diatas kulit pie lalu beri kacang2an atau beras diatasnya, oven dengan suhu 350F selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan kacang2an/beras & kertas lalu panggang lagi sampai kulit pie kuning kecoklatan. Dinginkan.

Filling :
1. Campur tepung maizena, gula, dan kuning telur, aduk dengan whisk sampai berwarna agak memutih.
2. Panaskan susu dengan api sedang sampai hampir mendidih. Matikan api. Tuang sedikit kedalam campuran telur, aduk rata lalu tuang kembali ke dalam susu panas, aduk rata. Nyalakan api kecil, aduk terus dengan whisk sampai mengental kurang lebih selama 3 menit. Matikan api, dinginkan adonan.
3. Setelah dingin tuang adonan isi ke atas kulit pie yg telah dingin. Hias dengan buah-buahan. Olesi buah dengan larutan gelatin (aku tidak pakai).
Sajikan segera.

3 comments:

  1. Rita : iya enak banget.... :)
    Nining : Seger... cocok banget buat cuaca yang sedang panas-panasnya ini.

    ReplyDelete