Sunday, May 27, 2012

Chocolate French Macaron


Description:
Penasaran sama jajanan Perancis yang kesannya mewah ini. Mewah karena bentuk dan warnanya imut & keren. Mewah juga karena konon bikinnya susah alias harus cermat dan hati-hati. Berbekal resep teman-teman food blogging dan googling juga di dunia maya, aku beranikan diri bikin. Hasilnya berhasil keluar kaki!! Sekar dan bapaknya suka. Jangan tanya aku ya... aku nggak demen karena menurutku terlalu manis.

Ingredients:
Kulit Macaron :
3 putih telur (90 gr)
40 gr gula pasir halus (haluskan dengan blender)
175 gr gula bubuk halus (powdered sugar)
125 gr tepung almond (bisa buat sendiri dari almond diblender lalu diayak halus)
½ sdt pasta coklat, pasta pandan, atau beberapa tetes pewarna sesuai selera.

Chocolate Ganache :
1/2 cup heavy cream
150 gr dark chocolate atau semi sweet chocolate


Directions:
Cara membuat kulit Macaron:
1. Alasi loyang kue kering dengan kertas roti (parchement paper) yang sudah digambar-lingkaran2 dengan diameter kira-kira 4 cm dan diberi jarak kira-kira 1 cm.
2. Campur tepung almond dan tepung gula, masukkan food processor/blender, proses sampai tercampur rata, lalu ayak. Ini untuk meminimalkan penggumpalan.
3. Kocok putih telur dengan kecepatan rendah, naikkan kecepatan ketika putih telur mulai naik dan masukkan gula pasir halus. Kocok terus sampai mengembang berhenti ketika putih telur mengembang stiff peak dengan ciri2 kokoh dengan warna agak mengkilat ( kira-kira 5-7 menit). Jangan overbeat ya nanti kulit macaronnya pecah-pecah ketika dipanggang.
4. Masukkan pewarna dan campuran tepung almond & gula halus. Aduk rata kira-kira maksimal hanya 50 kali adukan.
5. Masukkan dalam kantong pastry/kertas dengan spuit pastry lubang kira2 ½ cm. Kalau nggak punya cukup kantong plastic dilungangi kira-kira ½ cm. Spuitkan di Loyang kue kering yg sudah kita siapkan sebelumnya. Diamkan 30 menit – 60 menit permukaan adonan kering ketika dipegang.
6. Oven dengan suhu 150C (300F) selama kurang lebih 8-10 menit tergantung ukuran macaron. Ingat sampai keluar kakinya ya… Itu berarti French macaron kita sukses!!
7. Keluarkan dari oven, biarkan dingin lepaskana dari kertas roti. Kalau kesulitan beri beberapa tetes air di kertas roti, biarkan beberapa saat, lalu lepaskan.
8. Olesi dengan coklat ganache, hidangkan. Kalau belum digunakan masukkan dalam wadah kedap udara dan masukkan kedalam lemari pendingin untuk menghindari melempem/lembek.

6 comments:

  1. Bikiiiin sendiri..... *pelit mode :))))

    ReplyDelete
  2. Ini enaknya dimakan sambil minum chrysant tea yg tawar
    Biar ga terlalu manis dan ga panas dalam

    ReplyDelete
  3. Kyknya ni lagi heboh ya french macaroon.

    ReplyDelete
  4. Iya kayaknya di Indo lagi heboh ya. Ini PR-ke sejak lama tapi karena konon sulit makanya males bikin he..he..he.. Memang harus teliti tapi ternyata nggak sesulit yang aku takutkan.

    ReplyDelete
  5. Pakai teh anget kayaknya enak juga hi..hi..hi...

    ReplyDelete