Thursday, June 7, 2012

Kue Mangkok


Description:
Sedang heboh Rainbow Cake di dunia maya Indonesia deh. Katanya cake dari Amrik yang dipopulerkan oleh Martha Steward, tapi di tempatku nggak pernah terdengar gaungnya sama sekali hi..hi..hi.. Mungkin karena saking ndesonya ya :p Atau mungkin orang2 pada ngeri dengan warnanya yg aduhai cantik nian!! Anyway mengimbangi hebohnya teman-teman ber-Rainbow Cake, aku bikin kue mangkok warna-warni aja ya…. Kue jadul yang selalu bikin aku kangen, terutama pas masa-masa hamil yang selalu pengen makanan kampung halaman. Pewarnanya dikit kok cuma 1 tetes. Resepnya pakai resep NCC (Natural Cooking Club).

Ingredients:
125 gr tape singkong
175 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
150 gr air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda (aku pakai air biasa, nggak punya air soda)
1 sdt baking powder (aku pakai 2 sdt)

Directions:
1. Campur tape dan 175gr gula pasir, aduk rata sampai halus.sisihkan
2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sebentar, sisihkan.
3. Masak air dan 75gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu sambil diaduk hingga rata.
4. Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni hingga licin, lalu campur adonan ini dengan adonan tepung terigu, uleni terus hingga rata.
5. Masukkan baking powder kedalam 150ml air, aduk rata, lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung menjadi adonan encer. Saring (aku nggak disaring)
6. Bagi menjadi 3 bagian, masing-masing beri pewarna merah, kuning, dan hijau.
7. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan beruap banyak, tuangi cetakan dengan adonan. Kukus 20 menit. Angkat.

9 comments:

  1. cakeppp....
    mekrok sempurna... :))

    tapenya beli atau bikin?

    ReplyDelete
  2. Mau donk... Tolong dikirim ke malang yach

    ReplyDelete
  3. Yah Fera, nggak salah nih?? Di Malang kan banyak..... :D

    ReplyDelete
  4. Nining iya mekrok sempurna hi..hi... Happy!! Tapenya pasti bikin
    dooong!!! Dimari ana ada yg jual tape neng :p

    ReplyDelete
  5. NCC website masi bisa di buka? Kemaren2 pas mau tak kunjungin, katanya website dah di tutup tuh. Kue mangkok mu cuakep sekali. Summer2 gini susah bikin tape di CA, di CO enak sih, all year round adem. :)

    ReplyDelete
  6. Makasih Happy. Masih bisa tuh website NCC dibuka, itu aku dapat juga dari google. Summer disini sdh sampai 90F. Bukannya kalau bikin tape/tempe yg perlu peragian malah butuh hangat? Kalau summer gini nggak sampai 1 hari semalam sdh jadi tapeku, kalau winter 4 harian deh.

    ReplyDelete
  7. Oh ya??? pantesannn, pas itu bikin tape pas summer, kutunggu2 4 hari (ikut instruksi, katanya ngga boleh di intip sampe hari ke 4), wehhh....udah berjamur. =( Btw, bumil ngga boleh makan tape. hihihihi

    ReplyDelete
  8. Punyaku aku intip nggak papa. Coba kalau sdh 1hari 1malam diintip, kalau masih keras tutup lagi tunggu besok.
    Aku makan tape tapi sepotong aja, sisanya buat bikin kue mangkok & cake.

    ReplyDelete
  9. Punyaku aku intip nggak papa. Coba kalau sdh 1hari 1malam diintip, kalau masih keras tutup lagi tunggu besok.
    Aku makan tape tapi sepotong aja, sisanya buat bikin kue mangkok & cake.

    ReplyDelete