Wednesday, July 9, 2008

MFM#17 : Urap Bali Daun Kale


Description:
Resep yg diajarkan suami ini jadi pilihanku untuk diikutkan MFM#17 yg diselenggarakan oleh Dwhy dengan tema sayuran hijau. Harusnya pakai daun singkong, krn gak ada aku pakai daun kale yg rasanya mirip (dikit) dan aku campur dengan taoge. Beda dengan urap biasa, urap Bali pakai bumbu yg digoreng dan jeruk limo, berhubung disini nggak ada aku pakai daun jeruk yg diiris halus. Biasanya sambil makan suamiku selalu cerita yg sama kalo resepnya dari bapaknya alm dan dulu dia pakai daun singkong hasil panen sendiri dari halaman rumahnya, dll...dll... cerita nostalgianya waktu kecil he..he....he.... Lucunya aku tetap aja dengerin.......

Ingredients:
1 ikat daun kale
100 gr taoge
1/4 bh kelapa dibakar sampai agak gosong2 dikit, diparut.
5 sdm minyak kelapa (kalau ada minyak kelapa yg asli bikinan kampung lebih enak rasanya)
6 bh bawang merah cincang halus
4 bh bawang putih cincang halus
cabai rawit merah sesuai selera, iris halus
1 sdt terasi bakar
garam
1 bh jeruk limo (aku pakai 8 bh daun jeruk iris halus)


Directions:
1. Cuci daun kale, iris kasar, dan rebus sampai empuk, kira-kira 3 menit. Masukkan taoge dan matikan api. Biarkan sebentar sampai taoge agak empuk lalu tiriskan.
2. Goreng bawang merah dan bawang putih dengan minyak kelapa sampai 1/2 matang, masukkan cabai dan terasi, goreng lagi sampai bumbu kering. Kalau pakai daun jeruk masukkan daun jeruk sekarang, aduk2 sebentar lalu matikan api. Pindahkan dari penggorengan ke mangkok besar beserta minyak sisa menggoreng bumbu.
3. Masukkan kelapa parut ke dalam mangkok bumbu, tambahkan garam, aduk rata. Masukkan sayuran kedalamnya dan aduk rata. Kalo pakai jeruk limo, tambahkan perasan air jeruk limo sekarang.
4. Sebaiknya langsung dimakan setelah dicampur, kalau dibiarkan dulu terlalu lama rasanya berubah. Jadi terserah kalo mencampurnya mau sedikit-sedikit.

6 comments:

  1. rasanya gimana? blm pernah nyoba:p tfs!

    ReplyDelete
  2. he he he.. disini juga gak ada daun singkong shin.. nggak tau pada di apain.. padahal kebonnya banyak.. padahal zulvan minta sayur ubi tumbu, lah nyari tekokaknya aja dimana.. enak gak urap bali nya?? :)

    ReplyDelete
  3. Pernah makan plecing kangkung nggak? Rasanya mirip deh tapi lebih gurih krn pakai bawang merah dan putih, kalo plecing kan cuma cabe dan terasi.

    ReplyDelete
  4. Banyak ngilernya deh kalo tinggal di negara orang he..he.... Aku memang penggemar urap mau urap Jawa mau urap Bali sikat bleh.... Menurutku enakan urap deh daripada pecel.

    ReplyDelete
  5. ini kah yg namanya lawar ? aku doyan hehhee
    daun kale itu apa ya..

    ReplyDelete
  6. Bukan, kalau lawar bumbunya lengkap ada kunyit, jahe, lengkuas, sereh, bawang merah+putih yg diiris halus banget lalu dicampur bumbu lainnya. Emang lawar enak banget, tapi aku suka lawar putih nggak pakai darah. Daun kale aku juga taunya disini, daunnya keriting, besar, rasanya spt daun singkong.

    ReplyDelete