Monday, March 16, 2009

Sup Kimlo


Description:
Aku suka beda selera tentang makanan dengan suami tercinta. Suami demen banget dengan makanan yang berbumbu lengkap, aku demen yang lebih simple. Biasanya aku yg sering ngalah, cuma hari itu aku males ngalah krn dah ngebet banget pengen bikin kimlo dari jaman batu he..he..
Kesan pertama suami waktu lihat masakanku nyengir kecut. Malah nyeletuk "Bayangin aku harus makan 2 jenis jamur, sedap malam, kembang tahu dll????" Tapi makan juga dia dengan lahap, jadi bingung aku. Sebenernya suka apa cuma mau nyenengin aku aja. Tapi aku diem aja males ngeladenin.
Eh... ternyata seminggu kemudian dia nagih lagi minta dibuatin, katanya itu lho sup yang enak itu ha..ha..ha,,, ternyata doyan tho?

Ingredients:
1 liter kaldu ayam
4 bh bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica halus
1 sdm kecap ikan/fish sauce
1 bh wortel iris-iris
25 gr jamur kuping kering, rendam, iris halus
25 gr jamur putih kering, rendam, iris2
20 bh bunga sedap malam kering, rendam dgn sering2 menganti airnya agar bau dan rasa bahan pengawetnya hilang, simpulkan.
2 lbr kembang tahu kering, rendam air, potong-potong.
1 bh soun, rebus sebentar, tiriskan
10 bh bakso ikan
10 bh udang besar (difoto ini aku nggak pakai, stok habis)
bawang merah goreng
1 bh seledri, iris halus
2 bh daun bawang, iris halus

Directions:
1. Tumis bawang putih halus sampai harum, masukkan air kaldu, merica, garam, kecap ikan, didihkan.
2. Masukkan wortel, masak sampai setengah matang, lalu berturut2 masukkan bakso, jamur, kembang tahu, sedap malam, udang dan terakhir soun.
3. Koreksi rasa, lalu masukkan seledri, daun bawang dan bawang merah goreng. Dihidangkan panas dengan sambal.

12 comments:

  1. hihihii enakkk doyan bakso ikann hmm

    ReplyDelete
  2. Hahahaha... katanya kemaren kayak sayur kobokan.. cuma kuahnya enak..xixixixi.. sup kimlo mah makannya kalo pas kondangan aja.. boleh juga di coba nih shin.. :)

    ReplyDelete
  3. dingin2 enak bgt ya makan ginian, bu...sluurrp!

    ReplyDelete
  4. mbak shinta sukanya yang bumbunya simple biar masake nggak ribet kan?hehe....

    ReplyDelete
  5. wah bakso ikan nya mantep banget tuh

    ReplyDelete
  6. bakso ikannya beli jadi, rasanya mantap, gurih nggak pake amis sedikitpun :p

    ReplyDelete
  7. Ayo bikin Vy, kalo suka ya tapinya.....

    ReplyDelete
  8. Ya.. bener kesan pertama makan tanpa senyum, malam pas FB-an sama kamu masih bilang spt kobokan. Lha kok seminggu kemudian nagih. Aneh...?%$%&***% Dasar......

    ReplyDelete
  9. numpang catet sup kimlo nya mbak..

    ReplyDelete
  10. Jangan cuma dicatet dong, dicoba atuh hi..hi..hi... :p

    ReplyDelete