Monday, March 2, 2009

Siomay Bandung


Description:
Kalo habis dari Denver, serasa jadi prajurit perang dengan senapan penuh amunisi deh. Halah....heh..he..he... Tapi emang kalo habis belanja dan kulkasku penuh gitu, kami (aku dan suami) jadi sering2 buka kulkas dan freezer sambil senyum-senyum sendiri. ha..ha..ha.. dua orang aneh....
Nah kali ini pengen bikin siomay bandung, resepnya dah dapat lama dari Vitri, mamanya Rafi yang rajin kursus pas masih di Jakarta.
Makasih banyak ya Vit....

Ingredients:
Resep asli :
500 gr daging ikan digiling halus (aku pakai featherback fish paste)
2 sdm/50 gr bawang merah halus (aku pakai 4 sdm bawang merah goreng)
1 sdt/10 gr bawang putih halus (aku pakai 1 sdm bawang putih goreng)
2 sdt lada halus
1 sdt vetsin / chicken powder (aku nggak pakai)
3 sdm gula pasir
3 - 4 sdt garam
1 sdm minyak wijen
3 btr telur
400 gr labu siam, parut kasar, tiriskan
450 gr sagu tani

Sambal :
250 gr kacang tanah, goreng/dioven, dihaluskan
100 - 200 gr Cabe merah besar
3 - 5 siung bawang putih
1 sdm Cuka
4 sdm Gula pasir (aku pakai 3 sdm gula putih + 1 sdm gula merah)
2 sdt Garam
1 bh kentang rebus, haluskan (resep asli nggak pakai)
air sesuai selera kekentalannya

Bahan pelengkap :
3 bh kentang, cuci, rebus, kupas, belah 2
1 buah pare, potong cincin, 6 bagian atau sesuai besarnya pare.
1/2 bh kubis/kol, potong2
1 bh tahu, potong menjadi 8 bh bentuk segitiga, belah tengahnya untuk diisi adonan siomay.
4 bh telur rebus (aku nggak pakai)

Directions:
1. Masukkan semua bahan siomay kedalam blender/FP sampai halus.
2. Bentuk bulat2 atau sesuai selera. Kalo aku aku masukkan di plastik, ikat, lalu digunting ujungnya dan disemprotkan aja dg bentuk sesuai selera, dan diisikan ke pare dan tahu.
3. Panaskan kukusan dengan air cukup, lapisi dengan aluminium foil yg sudah diolesi munyak goreng, tata siomay, tahu, pare, kentang rebus, telur rebus, didalamnya. Kukus selama 30 menit.
4. Buka kukusan, masukkan kol/kubis potong, kukus lagi 5 menit.
5. Siap dihidangkan hangat dengan sambal kacang, kecap, sambal dan saos tomat kalo suka.

Sambal Kacang :
1. Goreng bawang putih dan cabai merah, lalu haluskan.
2. Campur semua bahan, dan rebus sampai mendidih. Kecilkan api, dan tetap rebus selama 10 menit dgn tutup agar sambal tanak.

24 comments:

  1. ada lewat depan rumah gak.. mau donkkk

    ReplyDelete
  2. Sayangnya kagak ada ye...:( harus bersusah payah dulu euy... buat makan ginian. Coba dikampung.....

    ReplyDelete
  3. lama nggak makan siomay...rajin juga mbak Shinta ini..

    ReplyDelete
  4. aduuuuuuuuhhhhhhhhhh enaknya...............

    ReplyDelete
  5. heheheheh.. kebayang yang pulang belanja.. bagasi penuh.. :-))

    ReplyDelete
  6. rajinn nihh Shinta. Masakk terusssss..... bikin ngiler aja nih

    ReplyDelete
  7. pake pare segala lagi,....aku ngebayangin refotnya trus makannya cuma ma misua, sedih deh....hehe...coba ada serombongan pasukan yang menyerbu pasti susah payahnya kebayar yo mbak. eh, Sekar mau ngga yang kayak gini....

    ReplyDelete
  8. Iyo, opo maneh bli rodho pilih2 nek maem, bt abiss... Untunge wingi Sila demen trus ono konco nginep, dadi yo gayeng, sambil makan sambil ngayal belinya dari abang2 yg lewat he..he.. Sekar?? kabur smabil tutup hidung, stinky.... katanya :( Sekar nggak kuat bau bumbu yg menyengat, suka muntah mendadak. Payaahh...

    ReplyDelete
  9. he..he.. ini masakan tiap hari aja, cuma selalu makanan kampung, jadi kesannya rajin... :) Kalo nggak masak keluar biaya ekstra buat makan diluar, sayang kan... dasar pelit ya ibu2... ;)

    ReplyDelete
  10. Kalo di Sby sih tinggal panggil mas2 yg lewat ya mbak....

    ReplyDelete
  11. he..he... iya apalagi kalo beli duren baunya bikin pusing selama perjalanan pulang. Selama perjalanan Sekar protes stinky..stinky... krn perpaduan bau duren en terasi. Kacian.....

    ReplyDelete
  12. Tuh kan yg di Indo aja suka, apalagi aku yg jauh. Ayo mbak tinggall panggil tukang siomay lewat...

    ReplyDelete
  13. Ayo mama Vicky bikin aja, pakai fish paste aja, lumayan gampang kok, enak lagi. Resep yang ini oke banget.

    ReplyDelete
  14. enak yah :-) ... hihi lucu bgt sih suka buka2 kulkas en freeezer kalo abis belanja :-p

    ReplyDelete
  15. Iya enak banget, makasih banyak ya... Aneh tapi nyata... sambil buka kulkas, sambil senyum2 sambil bayangin besok makan enak apa lagi ya.... Nasib perantau...

    ReplyDelete
  16. kalo siomay aku sering bikin shin.. nyam-nyam.. cuma males kalo pas gak ada bumbu kacang jadi.. nguleknya boo.. hahahaha masih pake ulekan manual sih..

    ReplyDelete
  17. O iya ya di Pattay kan banyak ikan... Btw ngulek itu pekerjaan yg paling aku nggak suka ha..ha... pakai blender aja Her, tetep enak kok rasanya, lebih enak dari bumbu beli.

    ReplyDelete
  18. Gue juga mau nyoba nih bo and thanks yah say..............

    ReplyDelete
  19. Mbak ajarin dong aku mau coba jualan somay....Soale spanjang dua taon tinggal di Semarang ga pernah ada somay enak...jd kan masih ada celah bisnis nya...hahahhahaha

    ReplyDelete
  20. Ayo..ayo buka peluang bisnis :P Resep diatas lumayan enak kok, tapi pas pulkam besok aku mau adjust rasa dulu takut ngawur he.he..he..

    ReplyDelete