Wednesday, April 23, 2008

Hati-hati Mengenalkan Kata Belajar pada Anak

Seorang teman bertanya, "Gimana sih caranya biar anak rajin belajar? Anakku susah banget disuruh belajar, malah baru dibilang ayo belajar, tiba2 saja jadi mengantuk. Padahal karena kesal aku bilang ok belajarnya besok aja, anakku serta-merta segar dan main lagi."

Dulu semasa masih kuliah buat bayar spp dll, pekerjaan utamaku menemani belajar anak2 dari Tk s/d SMA alias "ngelesin". Favoritku ngajarin anak TK yg sedang belajar menulis dan ngajarin anak SD. Selama hampir 5 thn aku banyak menemukan fenomena baru ttg anak2. Disitu aku melihat anak2 yg tiba2 mengantuk ketika aku datang he..he...he..... Pertama aku pikir karena mereka sdg capek hari itu. Ehhh..... tapi setiap kali mulai buka buku tiba2 aja mereka ngantuk. What's wrong!! Mana PR-nya segunung lagi. Pikirku, bisa dipecat nih aku! Aku tanya ke ibu anak ybs, ibunya bilang, "Si A emang begitu kalo denger kata belajar langsung ngantuk, makanya saya cari guru les."

Wah.... pikirku pasti ada yg salah. Aku gantian interogasi si anak, jawabannya diluar dugaan "Aku nggak suka belajar. Bosen. PR-ku banyak, sulit lagi. Mama suka marah2." Tapi benar dugaanku si anak menganggap kata belajar spt "MONSTER". Aku tanya lagi lalu kamu sukanya apa? Mulailah si kecil nyerocos ttg hobbynya dan segala macam impiannya. he..he... dari situ aku curi segala informasi ttg si anak.

Ketika aku datang lagi, si kecil tetap dengan gaya ngantuknya. Tapi aku juga sudah siap dengan senjataku. Dia heran ketika aku tidak langsung memulai membuka buku tapi mengeluarkan alat gambar dan menyuruh dia mengambar yg dia sukai. Setelah itu aku mulai tanya2 ttg PR dan mulailah kami "belajar". Ditengah2 acara belajar kami break dulu buat baca buku cerita or nyanyi. Dilain waktu kami bikin kraft dll, pokoknya asal dia enjoy aja dengan suasana belajarku. Lucu deh kaya jadi guru TK di sekolah he..he...he... Sejak itu kebiasaan ngantuknya kalo aku datang menghilang. Thanks God. Malah kata ibunya dia selalu tidak sabar menunggu jadwalku datang he..he... Si kecil jadi sayang sama aku, sering aku dipeluk-peluk, dibuatin kraft dengan tulisan namaku, dibeliin permen dari sekolah, dll. Tapi kompensasinya aku harus menambah jam kerjaku krn aku nggak mau mamanya protes krn aku cuma main2 aja sama si kecil. Akibatnya aku harus lari2 agar jadwal praktikum di kampus hari itu nggak telat....wuihh olahraga deh........ he..he...he...

Si ibu juga bilang nilai anaknya sekarang bagus, syukurlah. Kalo sudah gitu aku jadi dapat bonus ha..ha..ha... Tapi terlepas dari tambah bagus atau tidaknya nilai si kecil, aku pikir yg terpenting adalah mengenalkan kata "BELAJAR" kepadanya dengan cara yang benar. Hati-hati jangan sampai anak alergi duluan terhadap kata itu, akibatnya fatal dan anak jadi tidak berkembang. Usahakan belajar sambil bermain dengan cara mengetahui dulu minat dan hobby anak. Dari situ bisa jadi pedoman permainan apa yg akan dilakukan ketika anak mulai bosan. Dan ketika anak benar-benar bosan hentikan proses belajar akademis. Toh belajar buat anak2 tidak melulu ttg pelajaran akademis, bermain dan mengenalkan anak ttg banyak hal disekitar kita juga merupakan proses belajar buat anak2, dan bermain adalah dunianya mereka. Pastikan pesan yang diterima ke anak adalah "Belajar itu menyenangkan".

15 comments:

  1. Thanks say.... idemu bagus sekali..saya sering ngalami hal ini... udah wkt saya mepet buat anak...tp begitu ketemu pasti saya minta dia belajar..akibatnya saya tdk dihiraukan..semakin saya panggil semakin si anak menjauh...buntut2nya malah tdk mau dgr telepon dan berhadapan dgn saya... belakangan saya malah kehilangan akal...hanya gara2 kata belajar dia rela menjauhi mamanya...serta cuekin panggilan saya....kdg panggilan saya itu hanya u/ ngajak ngobrol atau cerita ya lain...

    ReplyDelete
  2. Sama2 Ci Mei, ini cuma sedikit pengalamanku, setiap anak kasusnya beda. Saya tahu dari teman dan saudara kalo ngajarin anak sendiri emang lebih sulit, anak lebih tdk mau nurut. Mudah2an ananda mau dengerin mamanya ditengah mepetnya waktu bersama ya......

    ReplyDelete
  3. aku jd ingat waktu kecil, abangku klo nyuruh aku belajar sambil marah2, akhirnya klo setiap jam belajar, aku dah ketakutan duluan, takut bikin kesalahan dalam waktu belajar..sekarang ama anak ku Tiara , aku ngak mau maksa dan marah2 klo dia salah klo lg belajar.. malahan dia melulu yg minta belajar, emaknya malah kadang suka malas2an haa.. klo mau tidur sebelum baca buku, dia bakal ngak mau tidur..untung deh ngak kayak mamanya, malas belajar haa..

    ReplyDelete
  4. Wah pengalaman yang sama nih.."mantan guru privat"...begitulah anak-anak, dunia kita gak bisa dibawa kedunia mereka dgn "cara kita" tapi masuklah lewat dunia mereka "bermain" walaupun hrs berkorban waktu tp saat itu kita masih sabar ya....Nah sekarang sama anak sendiri begitu jg kan kalo ini manajemen sabarnya hrs tanpa batas dan tanpa pamrih ya...(kalo dulu karena gak enak sama mamanya...coz dibayar...^_^...)

    ReplyDelete
  5. Iya EM belajar dari pengalaman jangan sampai anak kita alergi sama satu kata itu bisa berabe he...he...he....

    ReplyDelete
  6. Hidup guru privat!! he..he..he... Kalo sama anak sendiri pamrihnya ya spy dia jadi anak yang berguna buat orang2 sekitarnya, makanya harus tetep mau belajar. Tapi krn Sekar masih kecil masalahnya belum sekompleks anak yg lebih besar. Mudah2an seiring dgn pertumbuhan Sekar aku juga tambah sabar ;)

    ReplyDelete
  7. Wah hebat juga bu guru satu ini, kejiwaan anak2 emang harus lebih dulu diselami buat perkembangan proses belajar anak itu sendiri karenanya kalau saja sekolah di Indo tidak terlalu padat isi kelasnya hasil pembelajaran anak2 itu pasti akan jauh lebih baik krn guru dapat mengenali satu persatu anak didiknya ya....tahu sendiri kalo dlm satu kelas isinya 40 siswa gmn guru bs maximal ngajarnya ya??? Krnya aku setuju kalo ini juga kewajiban kita sbg orang tua juga untuk mengenalkan kata belajar bukan sebagai momok tapi sesuatu yg menarik minat mrk untuk menjadi seseorang yg lbh baik dan berwawasan luas. Hidup bu guru Shinta!!!!

    ReplyDelete
  8. Aku jadi sedih ingat anakku Nando... seandainya bisa aku pasti udah ajarin doi buat menyenangi kata belajar ..... anyway thanks I will remember your advices.

    ReplyDelete
  9. Jangan terlalu bersedih Jeng......kan ada omanya sbg wakil. Lagian kalo omanya yg ngajarin dirimu sdh membuktikan hasilnya kan......

    ReplyDelete
  10. Gmna cara Shinta interogasi si anak itu??? blh ga' aq tau?
    aq kn baru jd guru privat anak SD jd aq agak sdkt kesel liat dia ngantuk waktu bljr, aq juga sempet bertnya2 dlm ht apa yg slh sie???,knp sie anak ngantuk waktu bljr,,,???
    sie anak itu terkadang mw bljr, tpe waktu ngantuknya dtg dia lgsng tidur and nyuruh aq belajarnya udahan dulu,,,
    aq sebel waktu dia bilang seperti itu, sdh dtg jauh2 eh sie anak malah ngantuk,,,
    :-(
    tlong kasih tips yg selengkap mungkin ya, spy aq bs mengatasinya,,,
    Makasih Shinta,,,

    ReplyDelete
  11. Tiap anak beda2 & unik. Caraku interogasi beda2 di tiap anak. Tapi yg jelas sambil main2 seperti contoh yg aku kasih diatas (menggambar, nyanyi) atau sambil ngobrol santai. Susahnya kalau orang tua anak nggak suka kalau kita ngobrol or main2 dulu dgn anaknya nggak lagsung pegang buku/belajar. Jadi sebaiknya bicara dulu ttg keadaan si anak ke ortu & sampaikan usulmu untuk belajar dgn cara yg berbeda. Kalau cara belajarnya menyenangkan aku yakin anak2 akan suka & nggak ngantuk lagi. Terbukti manjur untuk anak kandungku skrg SD kls 1 umur 6 thn nggak pernah ada masalah kalau disuruh belajar. Good luck....

    ReplyDelete
  12. thx ya bwt sarannya...
    oya mb' untuk anak SD itu biasanya cenderung lbh sukanya bermain drpd bljr,,,nah gmn caranya agar mereka lebih tertarik untuk belajar,,,
    ada ga mb' tips2nya???
    thx b4 and mf ya klo sy tnya2 terus...
    :-)

    ReplyDelete
  13. Anak-anak nggak TK, SD, malah abg sampai anak kuliahan mmg lebih seneng main drpd belajar he..he..he...
    Kalau pengalamanku, pas anak ogah2an aku ajak belajar, aku bilang ayo kita belajar/kerjain PR dulu, nanti stlh selesai kita kerjain sesuatu yg dia suka misalnya menggambar atau main kraft. Cuma ya itu PR selalu banyak ya jadi anak pasti males duluan he..he... Semoga membantu krn tiap anak pasti kasusnya beda.

    ReplyDelete