Thursday, May 27, 2010

Granola


Description:
Ini buat yang mau coba menu alternatif sarapan. Aku sering buat karena selain yang katanya bagus untuk kesehatan gampang pula. Aku pikir daripada cereal beli jadi yang biasa dipilih Sekar yang warna-warni dan bergula banyak mendingan ini. Kebetulan Sekar suka lagi, klop deh. Dimakannya pakai yogurt atau susu, simple kan kalau pagi2 buru2 mau berangkat sekolah atau kerja. Aku lebih senang dimakan kering.
Di Indonesia sepertinya yang terkenal merek Quaker Oats. Biasanya dibuat semacam bubur, paling...paling... males banget aku, serasa bayi lagi makan bubur :))

Resep dari guru pre-school Sekar dulu, katanya resep rahasia karena mereka jualan untuk cari dana. Cuma aku yang dibagi resepnya karena katanya mereka sayang sama aku. hi..hi..hi.. jadi besar kepala deh aku. Padahal Sekar kan sudah nggak sekolah di sana lagi. Resepnya sudah aku modifikasi dengan penambahan kacang2an dan biji2an, semata2 untuk menjaga kepercayaan mereka padaku :)

Catatan :
Bahan kering (kacang2an dan biji2an) bisa disesuaikan dengan yang ada.

Ingredients:
4 cup rolled oat
1 cup walnut, cincang
1 cup almond, cincang
1/4 cup wijen
1/4 flax seed
2/3 cup mapple syrup (bisa pakai brown sugar atau madu)
2/3 cup canola oil (bisa pakai minyak goreng biasa)
1/2 sdt vanilla extract
1/2 sdt salt
1/2 sdt kayu manis bubuk + pala bubuk (kalau suka)

Directions:
1. campur semua bahan kering jadi satu, tambahkan minyak canola, mapple syrup, garam dan vanilla extract.
2. Oven dengan suhu 350F selama kurang lebih 30 menit sampai coklat kekuningan (golden brown). Cek dulu 15 menit pertama, aduk-aduk/balik lalu oven lagi. Kalau belum coklat oven lagi sebentar.
3. Disajikan dengan yogurt atau susu.

4 comments:

  1. hihhihi... ribet shin... kalo rayyan pagi-pagi aku kasih koko crunch di tambah susu... jam 7 udah musti berangkat... ibu-ibu males...

    ReplyDelete
  2. Iya kalo pagi2 ya males bikin beginian, mana masih harus jalan ke bus sekolah dulu hi..hi... Ini dibikinnya juga sehari atau beberapa hari sebelumnya Her. Tahan sampai 2 minggu spt cereal. Memang ini cereal rumahan disini sblm cereal pabrik tenar.

    ReplyDelete
  3. Pernah dibawain ama temen... enak! campur2.. tergantung bahan yg ada di rumah

    ReplyDelete
  4. Klo bahannya ada bikin Ning lumayan buat snack sehat :)

    ReplyDelete