Tuesday, February 5, 2013

Kue Ku/Kue Thok Bentuk Bunga


Hari ini coba buat kue Ku atau kue Thok tapi dimodel bunga seperti kue Seruni khas Makasar. Tidak perlu ditanya lagi aku suka bunga sampai-sampai anakku aku beri nama Sekar yang artinya bunga. Resep kulit aku pakai resep kulit kue Seruninya mbak Hesti (lagi) :) Makasih lagi ya mbak.... Resep isi sama dengan resep isi bakpia pathok kemarin. Mari silakan dicoba.....

Bahan kulit :
300 gr tepung ketan
3 sdt gula pasir halus
1/2 sdt garam
200 ml santan, direbus tapi tidak sampai mendidih
24 bh daun pisang bentuk persegi (kira-kira 4cmx4cm)
Bahan isi :
100 gr kacang hijau kupas, rendam semalam
150 ml santan kental
1/8 sdt garam
100 gr gula pasir
1 sdt vanilla ekstrak
1 lbr daun pandan


Cara membuat : 
Isi :
Kukus kacang hijau yg sudah ditiriskan sampai mengembang dan lunak. Tuang dalam panci berbeda, campur dengan bahan isi lainnya, masak sambil terus diaduk2 sampai adonan kalis. Mauskkan minyak, aduk rata, lalu matikan api. Setelah adonan dingin bagi adonan menjadi 24 bh, bentuk bulat.
Kulit :


1. Campur santan panas, gula, dan garam. Aduk sampai gula dan garam larut. 
2. Tuangkan sedikit-sedikit ke dalam tepung ketan sambil diaduk sampai rata dan bisa dipulung2. Kalau tepung ketan kadar airnya relatif tinggi kemungkinan 200 ml santan akan sisa, jadi ketika mengaduk adonan sambil dirasakan kira2 cuma sampai bisa dipulung saja, tidak terlalu cair.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri warna hijau, merah, dan biarkan putih. Tiap-tiap bagian warna bagi lagi menjadi 8 buah.
4. Ambil 1 buah adonan kulit, pipihkan. Isi dengan adonan isi, bulatkan, dan cubit melingkar dengan ibu jari dan telunjuk sampai terbentuk kelopak bunga.
5. Alasi dengan daun pisang, kukus selama 10 menit. Buka kukusan tiap 2 menit agar adonan tidak mengembang.

No comments:

Post a Comment