Saturday, February 2, 2013

Bakpia Pathok


Siapa bilang di Colorado tidak ada bakpia pathok..... :p
Begini ini kalau hidup di rantau, setiap saat ada saudara atau teman "pamer" makanan nusantara, saat itu juga kok jadi pengen.... :D Nah bulan Desember lalu adik bungsuku menikah. Sayang aku tidak bisa menghadirinya karena Elang anakku masih terlalu kecil. Sorry bro.. :( Nah setelah itu mereka bulan madu ke Jogja dan biar afdol bawa oleh-oleh bakpia pathok dong... Waktu jadwal Sekar & Elang skype-an sama eyangnya aku kena pamer dan tak bisa mengelak untuk ngiler :D
Setelah googling bertemulah aku dengan resep ini, dan karena resep inilah aku bertemu dengan blognya mbak Hesti di http://hesti-myworkofart.blogspot.com yang keren dan berisi resep-resep nusantara kegemaranku. Terimakasih ya mbak Hesti..... Eh aku dapat pesanan lho dari teman Indonesia yg tinggal di Pasadena, orang asli Jogja pula he..he..he...
Resep aku modifikasi sedikit dari resep aslinya tapi secara prinsip tidak merubah apapun.

Bahan isi :
100 gr kacang hijau kupas, rendam semalam
150 ml santan kental
1/8 sdt garam
100 gr gula pasir
1 sdt vanilla ekstrak
1 lbr daun pandan
Bahan kulit :
125 gr tepung terigu protein sedang
65 gr tepung terigu protein tinggi
2 sdm gula pasir
¼ sdt garam
100 ml air
75 ml minyak goreng
125 ml minyak goring untung merendam adonan
Bahan lapisan :
65 gr tepung terigu protein sedang
25 ml minyak goreng
½ sdm margarin

Cara membuat :
1. Kukus kacang hijau yg sudah ditiriskan sampai mengembang dan lunak. Tuang dalam panci berbeda, campur dengan bahan isi lainnya, masak sambil terus diaduk2 sampai adonan kalis. Mauskkan minyak, aduk rata, lalu matikan api. Setelah adonan dingin bagi adonan menjadi 25 bh, bentuk bulat.
2. Bahan lapisan : Campur semua bahan lapisan, aduk rata. Bagi adonan menjadi 25 bh. Sisihkan.
3. Bahan kulit : Panaskan air tapi tidak samapi mendidih, masukkan gula dan garam, aduk sampai larut. Tuangkan dalam terigu, aduk sampai rata. Masukkan minyak, uleni sampai adonan kalis. Bagi adonan menjadi 25 bh.
4. Ambil satu buah adoana isi, tipiskan, lapisi dengan adonan lapisan, lipat bentuk amplop (atas, bawah, kanan, kiri) Bulatkan ujung2nya lalu masukkan dalam minyak rendaman. Diamkan kurang lebih selama 15 menit. Lakukan sampai adoanan habis.
5. Ambil satu adonan dari rendaman minyak. Tipiskan, isi dengan adoana isi, bentuk bulat. Lakukan sampai adonan habis.
6. Panaskan oven denga suhu 200C (390F). Panggang adonan yg sdh diisi selama 10 menit. Balik adoanan, panggang lagi selama 5 menit.

2 comments:

  1. Wuiiiiih...udah kayak aslinya mbak, pantesan ada yang pesan. Hehe...good job mbak ^^

    ReplyDelete