Thursday, February 7, 2013

Peanut Butter Chocolate Ball


Sejak mengurangi bahan makanan hewani (kalau tidak mau disebut vegetarian) dalam acara masak-memasakku sehari-hari, aku jadi harus sering membaca dan mencari tahu sumber protein nabati apa saja yang bisa aku sajikan dengan rasa enak. Biji wijen(sesame seed) & biji hemp (hemp seed) yang konon adalah superfood karena banyak mengandung protein menjadi sumber inspirasi di resepku kali ini. Kalau biji wijen/sesame pasti sudah banyak yang tahu tapi apa sih hemp? Bisa dilihat di sini
Ini salah satu resep camilan cukup sehat, mudah, dan murah buat anak-anak. Kalau tidak suka manis bisa dipilih jenis coklatnya. Sekar bisa dengan mudah bikin sendiri karena tinggal aduk & cetak serta sedikit bermain dengan microwave. Aku kebetulan nemu selai kacang baru (bukan kemasan) alias baru saja digiling yang bahannya cuma kacang tidak ada tambahan bahan lain seperti butter dan gula. Eh bisa juga pakai almond butter lho, yg lebih tinggi kandungan proteinnya.

Bahan :
1/3 cup peanut butter/almond butter
Bisa dibuat sendiri dari kacang sangrai yg digiling sampai halus.
1/3 cup semisweet chocolate/milk chocolate dilelehkan
Bisa juga pakai nutella tapi hasil akhirnya jadi agak lengket/terlalu lunak.
1/8 cup biji wijen , sangrai sebentar (sesame seed)
1/8 cup hemp seed (kalau tidak ada bisa diganti wijen saja)
Kelapa parut kering secukupnya

Cara :
1. Lelehkan coklat dengan
- Microwave : nyalakan microwave 15 detik lalu buka & aduk, masukkan lagi 15 detik, buka & aduk lagi. Lakukan sampai semua coklat leleh.
- Double boiller : Didihkan air dengan panci, kecilkan api. Taruh panci/mangkok lain untuk melelehkan coklat. Lakukan sampai coklat leleh.
2. Masukkan selai kacang, biji wijen, & biji hemp. Aduk rata lalu masukkan dalam lemari pendingin kira-kira selama 1 jam.
3. Keluarkan dari lemari pendingin lalu bentuk bulat kecil-kecil dengan scoop ice cream kecil. Gulingkan di atas kelapa parut kering, ratakan. Kalau tidak suka kelapa parut bisa diganti coklat bubuk.
4. Siap disantap!!


No comments:

Post a Comment