Wednesday, November 14, 2007

Pulang

Pagi ini bangun, aku langsung teringat temanku. Teman baikku, mama yang baik buat anak-anaknya.

Sudah 3 bulan ini dia terpisah dengan anak2nya, yang notabene tidak pernah lepas dari dia barang sedetikpun. Pagi ini mereka bertemu lagi, untuk kemudian pulang ke tanah air. Kalo ingat 3 bulan lalu kami masih bertemu dan anak2 main seperti biasa. Biasalah anak-anak teriak-teriak, tertawa, dan kadang nangis berebut mainan. Hari itu mereka main ke rumahku sampai jam 7 malam. Katanya besok mereka mau ke Independence Pass, jadi aku tenang- aja waktu dia tidak berkabar. Tapi tidak berkabar kok sampai 1 minggu lebih.

Bagai disambar petir, waktu Sila telepon dia ditahan. Aku pikir krn kecelakaan, tapi ternyata krn masalah imigrasi. Aku sampai sulit ngomong. Sedih, menyesal, gak terima campur aduk jadi satu. Rasanya seperti ditinggal mati teman, krn menurut rumor yg beredar dia harus pulang dan baru bisa masuk lagi ke US 10 th lagi atau kalau anak2nya sdh 17thn, krn anak2nya lahir disini. Mana aku baru tahu setelah 1 minggu berlalu. Aku berpikir kenapa bukan ilegal lain yg suka bikin kacau aja yg ketangkap, kenapa harus dia yg hanya seorang ibu rumah tangga. Trus bagaimana nasib anak2nya. Aku memang melankolis kalo sudah sedih. Sampai 2 hari aku terus nangis kalo ingat dia. Apalagi Sekar selalu tanya anak2nya karena saat itu cuma mereka teman2 Sekar. Sampai sekarang Sekar selalu mau mampir ke rumah mereka yg dulu kalau kebetulan lewat, aku jadi sedih lagi.

Aku jadi berpikir kalo aku tahu hari itu hari terakhir kami bertemu, aku akan istimewakan mereka. Manusia memang cuma bisa berandai2, besoknya dia diambil paksa didepan anak2nya. Sedih banget bayanginnya, terbayang anak2 nangis dan ngebayangin kalo aku yg harus dipisahkan dgn Sekar.

Mungkin itu yang terbaik buat mereka. Walaupun aku berpikir kenapa kadang hidup ini tidak adil. Mereka pulang ke tanah air, membuka lembaran hidup baru. Aku hanya bisa mendoakan mereka bahagia, dan kami bisa bertemu lagi kalau kami pulang ke tanah air 2 thn lagi.

Selamat jalan sahabatku, Tuhan pasti melindungimu...........

1 comment:

  1. Duh ini bikin aku terharu jd nitik jg nih air mata aku juga ngerasain kehilangan yg sama lho padahal kita dekat ama mereka bertiga cuman hitungan bulan buat aku serasa udah kenal lama banget. Aku jg shock berat sampai terakhir waktu plg dr ultah sekar aku ngomong ama mas imam kalau aku tiba2 kangen berat ama mereka kasihan sekar kehilangan teman dekatnya dan kita kehilangan teman dekat kita yg entah kapan bs jumpa lagi ya....

    ReplyDelete