Wednesday, August 4, 2010

Empanada


Description:
Sedang rajin belajar masak makanan Spanish nih....
Setelah Ceviche udang kemarin, hari ini bikin Empanada. Pertama kali tahu aku pikir seperti Panada dari daerah Sulawesi. Bentuknya seperti pastel tapi dipanggang. Kulitnya lebih seperti kulit pie dan isinya berasa khas makanan Spanish yg beraroma jinten. Pakai buah olive hijau, kismis, dan oregano lagi. Pokoknya khas banget. Disini biasa dijumpai di Mexican resto.
Resep aslinya dari sini dengan sedikit modifikasi dan penambahan kismis seperti resep empanada dari Peru.

Aku cuma bikin 1/2 resep, cukuplah untuk kami bertiga. Sempat aku bagi ke Ms. Rachel, guru pianonya Sekar. Lalu aku, Sekar, dan Sila pergi ke taman terdekat untuk piknik merayakan telah selesainya buku ke 2 pelajaran piano Sekar. Ini akal-akalanku saja biar Sekar semangat belajar piano, mengingat Sekar suka banget sama hal2 sepele tapi detail begini untuk merayakan sesuatu. Sudah seperti orang bule aja anakku he..he..he...

Ingredients:
Dough for empanadas mendocinas
(makes about 20 medium or 30 small empanadas)
3 cups flour
1 egg yolk
½ cup of grasa – lard or butter or mix of both (aku pakai butter)
¾ cup to 1 cup of warm milk
½ tsp salt

Beef picadillo filling
1 lb ground beef
3 cup dice white onions (bawang bombay)
2 tbs butter
2 tbs smoked paprika
2 tbs chili powder or any ground hot pepper (aku tdk pakai)
1 tbs finely chopped fresh oregano (aku pakai 1/2 sdt oregano kering)
½ tbs ground cumin
1 bunch green onions, finely chopped
¼ cup sliced green olives
1/2 cup raisin
Salt and pepper

3 boiled eggs, sliced
1 egg white and yolk separated and lightly whisked


Directions:
Kulit :
Campur bahan kering dalam food processor, lalu masukkan butter, putar beberapa kali saja sampai adonan asal campur saja/lepas-lepas. Masukkan kuning telur, putar lagi beberapa kali saja. Terakhir masukkan susu hangat, putar lagi sampai rata. Bisa juga menggunakan pisau/ pisau pastry dengan gerakan memotongKeluarkan dari food processor, ratakan lalu masukkan dalam lemari pendingan minimal 30 menit. Giling tipis, cetak dengan cetakan lingkaran diameter 10 cm atau lebih besar lagi. Bisa langsung digunakan atau bisa dimasukkan ke dalam freezer sebelum digunakan.

Isi
1. tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan daging giling. tumis sampai berubah warna.
2. Masukkan sisa bahan selain daun bawang, aduk rata sampai matang. terakhir masukkan daun bawang, aduk rata.
3. Ambil kulit, taruh adonan isi dan satu potong telur rebus. Lem kulit dengan putih telur, rekatkan. Tekan-tekan bagian pinggir dengan garpu.
4. Semir dengan kuning telur, lalu panggang dengan suhu 350 F sampai matang.

2 comments:

  1. Minta dong.... :)
    klo aku bilangnya pastel panggang hehehe

    ReplyDelete
  2. Nih mau?? :p Iya aku bilang juga pastel panggang, low cholesterol krn nggak pakai digoreng he..he..he... Tapi menurutku masih mantab pastelnya kita deh....

    ReplyDelete