Monday, March 24, 2008

Ayam Plecing


Description:
Happy banget dapat resep ini dari www.wangmeimei.multiply.com
Makasih banyak ya Ci Mei
Setelah lihat langsung beli ayam dan praktek, tapi baru sekarang sempat upload. Hasilnya membuat suami terheran2. Katanya darimana dapat resep ok gini. Perasaannya selama ini ngajarin nggak pernah bisa se pas ini rasanya. Iya orang suami tercinta ngawur ngajarinnya. Kata Ci Mei yg diturunkan ke aku ilmu sesat he..he...he.....

Oya ini resep masakan Bali, jadi ya gitu berbumbu dan peudasssss banget.
Aku nggak pakai cabai sebanyak di resep, selain karena nggak nemu cabai merah besar dan nggak suka pedas. Aku pakai cabai rawit 5 bh, tomatnya aku kasih 2 buah ukuran besar biar sama merahnya. Trus karena disini nggak ada jeruk limau, aku pakai 8 lembar daun jeruk diiris halus, dimasukkan ke masakan pada tahap akhir. Aku nggak pakai gula karena suka diprotes suami, katanya masakan Bali nggak boleh pakai gula. Yo wis ngalah aja.


Ingredients:
1. 1/2 kg daging ayam, bisa dada atau apa aja. Aku pakai dada ayam fillet.
2. 5 bh cabe merah
3. 5 bh cabe keriting
4. 10 bh cabe rawit merah
5. 1 bh tomat matang
6. 1 sdt terasi
7. 1 bh Jeruk limau
8. Garam secukupya
9. Minyak goreng secukupnya


Directions:
1. Taburi ayam dengan garam lalu goreng. Jangan terlalu kering ya, karena kalo kering jadi keras.
2. Suir-suir ayam seperti abon.
3. Haluskan semua bumbu, lalu tumis dengan minyak goreng sampai harum. Kira2 dengan 4 sdm minyak goreng.
4. Matikan api, lalu masukkan ayam suir, aduk sampai rata banget.
5. Nyalakan api lagi dan terus diaduk sampai ayam terasa ringan (kandungan air habis).
6. Belah jeruk limau, buang biji, dan peras air jeruk di ayam, lalu masukkan juga kulitnya ke masakan, biar wangi.

6 comments:

  1. Asyiiiikkk berhasil...berhasil... he..he.. suami terheran2 ya ? nah ini dong unjukin buktinya yg diturunkan tdk tulus...dikorup2 gitu ya...:P

    ReplyDelete
  2. Iya kali ye..he...he.... Tapi yang jelas suamiku emang nggak bisa masak tapi sok teu he..he...he.... Sorry Bli......

    ReplyDelete
  3. emang masakan ini enak bangeeet......slllrrrup

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas resepnya ya Ci Mei, serasa pulang kampung deh saat makan "be siap mabasa pelecing...." he he

    ReplyDelete
  5. wakh enak ya ? aku belum pernah makan nikh? kudu coba nikh heheh...jadi pingin buat nikh hari ini....thanks yah atas resepnya...cihuy...cihuy resepna :)

    ReplyDelete
  6. silakan dicoba.. enak kok, apalagi kalo suka pedes

    ReplyDelete