Tuesday, June 24, 2008

Garo Collard Green


Description:
Kalo tinggal di negeri orang suka kangen makanan asal. Sedihnya bahan2nya susah bener dicari. Kadang sayurnya ada bumbu or ikannya gak ada atau sebaliknya. Makanya aku jadi tukang "perkosa" bahan deh. Sorry ya demi obat kepengen nihhh..... Kenapa pake collard green krn rasanya ada paitnya dikiiiittt...
Resep ini aku dapat dari Nining, resepnya bisa dilihat disini . Makasih ya Ning...... Pertama lihat sumprit langsung nelan air liur. Jadi ingat garo bunga pepaya yg dijual di pasar BSD. Masih ada nggak ya?? Dulu kalo makan ini bisa ngabisin nasi sebakul deh he..he...he....

Ingredients:
4 sdm minyak sayur
1 ikat daun collard green, potong kasar.
2 ekor/200gr stamed mackarel, digoreng, buang durinya dan disuir besar2.
3 batang serai, ambil bagian putihnya iris halus
8 lembar daun jeruk, iris halus (pilih daun jeruk yg tidak terlalu tua)
2 lembar daun pandan, iris halus
1 lb daun kunyit, iris halus
2 batang daun bawang/prei, iris halus
6 tangkai daun kemangi, petiki daunnya. (aku nggak pakai)
2 cm jahe, cincang atau iris halus

Bumbu halus:
3 bh cabai rawit merah (kami nggak suka pedas)
8 siung bawang merah
garam secukupnya


Directions:
1. Panaskan minyak, masukan irisan daun pandan, masak sampai harum, kemudian tambahkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang,
2. Tambahkan ikan suir, collard green dan bumbu iris (kecuali daun kemangi).
3. Aduk rata sehingga sayuran, ikan dan bumbu tercampur rata, masak hingga matang.
4. Tambahkan garam jika perlu dan terakhir masukan daun kemangi..aduk sebentar, angkat.

8 comments:

  1. yolooooooo.. Shinta.. gue tuh selalu ngiler sama garo bunga pepaya postingan temen2.. hihihi.. ternyata elu bisa ngakalin nya.. yo wess..gue coba juga next day heheheh.. ngilangin kangen.. kan apa ajah jadi yaa..

    ReplyDelete
  2. Ayo Fit bikin, yang penting urusan perut beres, mirip2 dikit gpp.... he..he..

    ReplyDelete
  3. ember Shin.................paling sebel kalau bahan tak lengkap........tapi apa mau dikata tinggal di negara orang ya.........sekarang aku ngerasain jauh ama toko Asia...........:(
    Kelihatan enak sekali itu...........

    ReplyDelete
  4. daunnya kayak apa Shin?
    yang di pasar BSD, masih ada kok... :)

    ReplyDelete
  5. ehm secara jujur saya belum pernah tahu deh mba masakan garo bunga pepaya...(norak ya, abiz a suka pait)...tapi kayaknya sedap nih

    ReplyDelete
  6. Collard green bentuknya mirip daun tembakau tapi licin pemukaannya nggak berbulu, besar dgn tangkai besar pula. Warnanya hijau tua. Di indo ada gak ya?? Kayanya ga ada deh krn aku baru tau juga disini.
    Masih ada ya yg di BSD, cihuiiii.......jadi tambah pengen pulang nih...

    ReplyDelete
  7. Gpp namanya masakan daerah lain/Manado. Aku juga pertama kali makan krn tinggal di BSD. Paitnya gak terlalu kok, malah paitnya itu yg bikin makan lahap he..he...

    ReplyDelete