Wednesday, June 4, 2008

Menentukan Jenis Kelamin Janin

Cerita_Sekar yg akhirnya aku posting di blog beberapa minggu lalu semakin memantapkan tekadku untuk menerima tugas baru. Tugas baru apalagi kalau bukan tugas sebagai ibu tapi dengan anak yg berbeda. Artinya dengan tekad bulat aku iklas hamil lagi tahun ini, dengan catatan diijinkan Tuhan. So mulai deh buka2 artikel2 dan buku2 ttg perencanaan kehamilan yang sebenarnya sudah aku kumpulkan jauh2 hari. He..he... aku suka gitu, keinginan harus terus-menerus dipikirkan, dipupuk, dan dipersiapkan sampai akhirnya dilakukan juga. Kalau nggak bisa tinggal wacana aja.

Salah satunya artikel tentang menentukan jenis kelamin pada janin yang aku dapat dari milis angkatanku. Dengan posting artikel ini bukan berarti aku ingin menjadi seperti Tuhan, yg berhak menentukan jenis manusia yg akan lahir dariku. Sekali lagi manusia berhak punya keinginan tapi penentu segala sesuatu tetap Sang Pencipta. Manusia berhak pula mereka-reka tapi kedaulatan tetap ditangan Yang Maha Kuasa. Menurutku yang penting kita sudah berusaha maksimal, keputusannya tetap ditangan Tuhan.

PHAROS Buletin No.1-97

Dari hasil penelitian para ahli ternyata diketahui sbb:

1. Spermatozoa y mempunyai kepala, volume dan density yang lebih kecil dibandingkan dengan spermatozoa x, sehingga spermatozoa y lebih mudah menembus leher rahim pada proses pembuahan.

2. Spermatozoa y berenang lebih gesit/lebih cepat dibanding spermatozoa x, sehingga spermatozoa y lebih cepat masuk ke dalam rahim untuk pembuahan sel telur.

3. Spermatozoa y umurnya lebih singkat (hanya bertahan 1 hari atau paling lama 2 hari), sedangkan spermatozoa x dapat bertahan sampai 3 hari.

4. Spermatozoa y peka terhadap suasana asam, sedangkan spermatozoa x lebih tahan terhadap suasana asam.

Berdasarkan pada pengetahuan tersebut diatas, para ahli membuat beberapa metode untuk pemilihan jenis kelamin sesuai yang diinginkan pasangan suami istri, yaitu a.l:

1. Pengaturan diet

Diet ibu yang banyak mengandung kalium dan natrium, lebih besar kemungkinan melahirkan bayi laki2, sedang diet yang kaya kalsium dan magnesium, besar kemungkinan melahirkan bayi wanita. Oleh sebab itu bagi ibu2 yang mendambakan anak laki2 dianjurkan makan-makanan yang sangat banyak mengandung K/Na seperti: garam, buah2an/juice, teh, kopi, ikan/ikan laut dsb. Sebaliknya bagi ibu2 yang menginginkan bayi wanita dianjurkan makan makanan yang banyak mengandung Ca/Mg seperti: kacang2an, susu serta chocolate yang bebas garam. Stolkowski dan Choukroun (1981) menganjurkan pemberian diet tsb 1,5 bulan sebelum saat konsepsi yang direncanakan. Dilaporkan angka keberhasilan sebesar 84 %.

2. Pengaturan waktu hubungan

Seperti telah diterangkan diatas bahwa spermatozoa y bergerak lebih cepat/gesit dibanding spermatozoa x, namun hanya dapat bertahan selama kurang lebih 1-2 hari dalam kandungan. Oleh sebab itu hubungan yang dilakukan tepat pada saat ovulasi (saat lepasnya sel telur dari indung telur), besar kemungkinan menghasilkan bayi laki2, sedang hubungan yang dilakukan 2-3 hari menjelang saat ovulasi besar kemungkinan menghasilkan bayi wanita. Kleegman (1954) melaporkan angka keberhasilan dengan metoda tersebut sebesar 80%.

Untuk menentukan saat ovulasi, dapat dilakukan melalui beberapa cara:

- Pengukuran suhu basal badan (suhu badan saat baru bangun pagi, sebelum melakukan kegiatan), dimana saat ovulasi ditandai dengan penurunan suhu badan secara mendadak diikuti kenaikan kembali sesudah 1-2 hari(suhu bifasik). Biasanya kenaikan suhu sekitar 0.5 derajat celcius dan hal ini terjadi sekitar 14 hari sebelum haid berikutnya. Cara ini dapat dilakukan sendiri dirumah.

- Pemeriksaan lendir serviks, dimana sebelum ovulasi lendir serviks hampir tidak ada. Pada saat ovulasi, lendir serviks mulai banyak/encer serta dapat diregangkan. Sesudah ovulasi lendir serviks jadi kental serta tidak dapat diregangkan. Hal inipun dapat diperiksa sendiri dirumah.

- Cara lain hanya dapat dilakukan di lab/RS, seperti pemeriksaan hormonal, pemeriksaan mikroskopis atas lendir serviks, pemeriksaan USG atau pemberian clomifencitrat. Kesulitan pada metoda ini, bila siklus menstruasi istri tidak teratur sehingga sulit menentukan saat ovulasi secara tepat.

3. Pengaturan keasaam vagina

Dianjurkan pemakaian vaginal douche (obat untuk mencuci vagina), sesaat sebelum melakukan hubungan/inseminasi buatan sbb:

- larutan asam/cuka yang encer, bila menginginkan bayi wanita (2 sendok makan cuka/ 1 liter air).

- larutan alkalia/sodium bicarbonat encer bila ingin bayi laki2 (2 sendok makan tepung soda/1 liter air).

4. Metode Shettles

Shettles (1970) menganjurkan suatu metode gabungan sbb:

*) Bila ingin bayi laki2 dilakukan sbb:

- hubungan dilakukan saat ovulasi

- pemakaian douche alkalia sebelum hubungan

- diusahakan agar saat ejakulasi suami bersamaan dengan saat orgasme istri

- diet alkalis kurang lebih 1,5 bulan sebelumnya.

*) Bila menginginkan bayi wanita, dilakukan sbb:

- hubungan dilakukan 2-3 hari sebelum saat ovulasi

- pemakaian douche asam sebelum hubungan

- diusahakan agar istri tidak orgasme

- diet yang asam kurang lebih 1,5 bulan sebelumnya.

5. Preparasi sperma

Metode lain dilakukan dengan cara memproses sperma terlebih dahulu, sebelum dilakukan inseminasi buatan. Hal ini hanya dapat dilakukan di rumah sakit. Pada metode invitro, dilakukan preparasi sperma (semen) untuk memisahkan spermatozoa (semen) untuk memisahkan spermatozoa x dan y terlebih dahulu, sebelum diinseminasikan (intravaginal, intra servikal atau intrauterin).

Metode ini didasarkan atas perbedaan volume, density, bentuk serta ukuran antara spermatozoa x dan spermatozoa y.

10 comments:

  1. hhmm good luck ya
    oya buletin Pharos? tempat aku berkarya tuch

    ReplyDelete
  2. Aku mau coba aaahhh... tahun depan. thanks buat resepnya hehehe aku pengen anak cewek lho biar imut kayak sekar.

    ReplyDelete
  3. selamat bereksperimen tante.....jangan lupa, kabari progress reportnya....hehehe.....

    ReplyDelete
  4. Ayoo... dicoba, asal jangan takabur pasti berhasil sesuai harapan entar malah dikasih halangan.

    ReplyDelete
  5. Beresss.... Aku lagi nunggu hasil + or - nya. Kali dalam 2- hari ini mau cek he..he...

    ReplyDelete
  6. wah artikel ini harus dibaca bojoku mbak...dia pingin anak kedua kalau bisa laki2...hhehe...
    makasih ya?

    ReplyDelete
  7. Sama2 Asri... Aku dah praktekin tuh, tapi bukannya yg muncul bayi cowok malah nggak hamil2 ha..ha.... Tuhan Maha Besar

    ReplyDelete
  8. weh mbak shinta dah dapat kata kuncinya neh selamat berexperimen mbak semoga berhasil

    ReplyDelete
  9. Mbak,itu cuka yg dipakai yg utk masak? Ga apa2 yah? Trus dimasukin sampai ke dalam vagina?

    ReplyDelete
  10. Kalau yg cuka aku blm pernah coba. Klo yg soda aku pernah konsultasi dgn dokter kandungan katanya pakai baking soda yg biasa buat kue, trus dimasukkan ke dlm vagina dgn alat suntik, tp yg nggak ada jarumnya ya....

    ReplyDelete