Tuesday, June 17, 2008

MP Writing Event : Temanku, Sahabatku, Kakakku, Partnerku dan Suamiku.......

Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria
Bukan dari kepalanya untuk lebih tinggi darinya
Bukan dari pundaknya untuk memikul bebannya
Bukan dari kakinya untuk lebih rendah darinya

Tapi, wanita diciptakan dari tulang rusuk pria
Dekat jantungnya untuk dikasihi
Dekat hatinya untuk dicintai
Dan dekat lengannya untuk dilindungi

"Minggu lalu masuk nggak?" tanya seseorang yang tidak aku kenal ketika kelas usai. "Masuk" jawabku, "Boleh pinjam catatan minggu lalu nggak?" tanyanya lagi. Tanpa ba bi bu dan tanpa tanya nama segala aku serahkan catatanku. Itu kira2 isi pembicaraanku pertama kali dengan Sila , terjadi tahun 1993, menginjak tahun ke-2 aku kuliah. Tanpa saling tahu nama lagi, yang aku tahu dia kakak kelasku krn bukan teman satu angkatan dan bukan adik kelas karena rambutnya nggak digundul akibat diplonco sbg mhs baru he..he... Setelah itu kalau ketemu paling hanya say hi aja, tetep masih saling nggak tahu nama. Baru tahun berikutnya satu kelas lagi di teknologi beton, saat itu kelas belum mulai, biasa dosen satu ini suka telat bahkan suka nggak masuk krn kebanyakan proyek. Sambil tunggu kami ngobrol. Lupa apa yang diobrolin, yang jelas disitu kami baru tahu nama masing2, dan sejak itu kami jadi sering ngobrol dan mulai berteman lalu sifat usilnya mulai ditampakkan padaku he..he...baru aku tahu dia super usil. Yang nyeletuk2 bilang setrikaan kalo aku lewat, yang tandatanganin absenku-lah, yg ngumpetin apakulah bersama teman2nya, dll khas anak2 ABG he..he...he.... Masih teman biasa nggak ada yg istimewa.

Kebetulan lagi tugas beton kami sama dosen, dosen yang paling serem di jurusanku gelarnya yang PHD bikin keder duluan. Bisa dipastikan bakalan lebih dari 2 semester baru kelar, malah konon ada yang sampai 2 tahun belom kelar juga. Lemas aku ketika keluar namaku dengan dosen tersebut. Tiba2 disampingku ada yang nyeletuk "Nggak papa Shin, kita kerjain sama2" walah anak satu ini yang menurutku nggak pernah serius, bisa bantu apa dia he....he....he.... Selama hampir 2 semester sama2 ngerjain aku jadi tahu sifat aslinya. Ternyata dia serius, tekun, dan smart..... aha...!! Aku suka cowok smart. Aku jadi nggak mau kalah sama dia yang semangat. Ada satu lagi teman seperjuanganku dulu, Budi. Jadi kami bertiga berlomba dan saling membantu sampai akhirnya tugas kami kelar dengan nilai yang sangat memuaskan, teman2 lain heran, kami nggak kalah herannya, ajaib!! (Sekarang kalo ingat2 cerita ini Sila suka bilang, kalau pulang ke Surabaya mau mampir ke rumah ibu dosen ini buat berterimakasih krn beliau kami sekarang jadi suami-istri he..he....he......)

Sejak itu kami tambah dekat, tapi bukan sebagai pacar lho, karena dia sudah punya gandengan dan aku juga sdg dalam pergumulan mendoakan seseorang. Dia bisa cerita apa aja padaku, keluarga, cita2nya, termasuk masalahnya dengan si ehem. Biasalah curhat, sampai akhirnya dia udahan sama si ehem dan aku diputusin sama orang yang sedang aku doakan. Walah sama2 jomblo nih. Tapi kami sudah buat beberapa kesepakatan salah satunya peraturan pertama, kita hanya sahabat, jadi dilarang pacaran he..he.... Ya udah dengan peraturan itu aku merasa nyaman berteman dengan dia. Lamaaa..... kami tetap sebagai teman sampai akhirnya suatu hari sepulang kami jalan dia bilang kalo mau jadi pacarku. Aku sudah menduga jadi aku cuekin aja. he.he.. GR ya?? Nggak cuma jaga2 aja, eh...ternyata benar. Tapi nggak lama dia telpon, katanya "Aku ralat ya omonganku yang tadi, anggap tidak pernah didengar." he..he... opo tumon ngomong jatuh cinta kok diralat??? Tapi itulah Sila, malah nggak cuma sekali itu terjadi he..he..... Aku sih maklum aja. Aku kan sudah kenal sifatnya, kalau memutuskan sesuatu yang serius suka jadi peragu. Sering dia perlu aku buat pembanding keputusannya sampai sekarang. Itu pula yang membuat aku bangga karena dia anggap aku sebagai partnernya.

Kami tetap dekat, tetap ngerjain tugas kuliah sama2. Apalagi ketika kami ngerjain TA dan aku sering pinjam komputernya, maklum hari gitu komputer barang langka. Lama2 kami jadi saling tergantung satu sama lain. Kalo aku bilang sih bukan sahabat lagi. Aku merasa aku perlu dia dan dia perlu aku. Tapi kami masih nggak mau dibilang kami pacaran, apalagi jalan berdua2an di kampus. Malas gosip deh, he..he.. sok artis ye?? Jadi kalau di kampus kami suka jaim kalo ketemu, nyamar maksudnya.

Tapi karena suatu alasan yang sama kami sempat putus sambung sampai 4 kali. Pertama kali udahan bagai disambar petir, sedihhhh banget spt kehilangan teman ngobrol. Dia masih sering main ke tempat kostku dan ngobrol sih tapi aku sedih aja. Parahnya kalo dia punya cewek barupun masiiihhh aja curhat ke aku. Sebel kan, jadi tambah sedih deh. Cuma aku kan sok kuat jadi didepan dia sih masih manis, begitu pulang mewek deh. Hubungannya dengan cewek barunyapun nggak lama, beberapa minggu aja paling banter 2 bulan. Herannya lagi aku mauuuuu aja diajak balik, bodoh apa keblinger??? he..he... nggak tau deh. Habis dia bilang cewek2 barunya nggak ada yg spt aku cie.... jadi GR nih aku. Terakhir putus thn 1998 setelah kami wisuda sama2, aku sudah berjanji nggak mau balik lagi, makanya aku memutuskan mengadu nasib ke Jakarta. Sempat beberapa bulan nggak ketemu dan tidak tahu kabar masing2. Rasanya sepiiiii.... he..he... tambah lagi keadaan ekonomi sdg tidak menentu waktu itu sehingga cari kerja yg sesuai bidang susaaahhh banget. Ujung2ya aku terlunta2 di Jakarta he...he... bahasaku.... Kok kebetulan lagi suatu hari aku ketemu dia lagi. Jreng...jreng... rasanya detak jantungku kedengaran sampai keluar deh. Sedih, senang, kangen, marah campur aduk. Ya Tuhanku aku sudah jauh2 menghindar kok ketemu kunyuk satu ini lagi. Ternyata dia juga mengalami nasib yg sama denganku he..he... Jakarta tidak memihak kami saat itu. So dengan berbagai alasan kami putuskan sama2 pulang ke Surabaya tanpa membahas hubungan kami.

Saat itu kami lebih konsentrasi ke masa depan kami, dapat kerjaan bagus dan bisa mandiri tanpa nyusahin keluarga. Berdua kami berjuang lagi untuk bisa mandiri, sampai akhirnya tawaran kerja datang buat dia untuk hijrah ke Jakarta. Meski pisah kota kami masih sering ngobrol walau lewat telpon. Sampai suatu hari dia bilang kalau baru diangkat jadi karyawan tetap dan dapat bonus. "Yipieee!!!"" kataku "Kalo dekat kecipratan traktiran dong...!!" Jawabnya diluar dugaanku "Kali ini nggak ada traktiran karena uangnya sudah habis aku beliin cincin, bulan depan aku mau ke Surabaya buat ngelamar kamu." Katanya lagi dia sudah merasa nyaman denganku malah sejak ngobrol pertama kali waktu menunggu kuliah dulu, makanya sejak itu dia merasa enak aja cerita apa2 ke aku, tanpa beban katanya. Trus alasan lainnya disaat-saat terpenting dalam hidupnya aku selalu ada buat dia cie..... jadi terharu aku saat itu. Saat sulit lulus dari kampus tercinta, saat akhirnya wisuda sama2, saat susah cari kerja, saat akhirnya dapat kerjaan yg sesuai si cerewet Shinta yang pintar selalu disampingnya he..he....he.....tisyuu...tisyuuuuuuu........mewek lagi nih aku. Pantesan aja selama di Surabaya yg terakhir sebelum dia hijrah ke Jakarta, dia maniiisss banget ke aku, padahal kami nggak ada komitmen apa2, ternyata dia sudah memutuskan......

Akhir kata, tgl 15 Juni 2002 kami berdua berjanji dihadapan Tuhan untuk mengikatkan diri satu sama lain dalam keadaan susah ataupun senang sampai maut memisahkan kita. Ya 2 hari lalu adalah hari ulang tahun pernikahan kami yang ke-6. Selama 6 tahun menjadi Mrs. Ketut Siladarmawan berkat Tuhan sungguh luar biasa buat kami. Aku pribadi selalu merasa bahagia, bukan dalam artian materi ya, apalagi setelah Sekar anak kami lahir. Hubunganku dengan Sila, masih sama seperti ketika kami jadi sahabat dulu, tanpa beban. Kami kadang bisa ngobrol berjam-jam tentang apa aja. Aku masih panggil Sila aja tanpa embel2 mas or apalah, masih bebas mengemukakan pendapat tanpa sungkan, masih enak jadi partner dalam segala hal, masih saling ledek, dll. Dan herannya baru kali ini aku bisa tunduk maksudnya hormat sama laki2 selain bapakku, biasanya aku tuh paling gengsian kalo sama cowok. Emang cowok aja yg bisa, aku juga bisa begitu prinsipku. Kalau ditanya kenapa pilih Sila, pasti aku sering bilang karena dia itu biasa2 aja. Nggak yang suka bombastis janji atau membuat aku seperti merasa jadi ratu, cuek dan nggak romantis malah kesannya. Selain itu aku bisa nebak kemana arah berpikirnya dia, simple menurutku, jadi aku tidak perlu berpolitik dan berpura2 dalam menghadapi dia, benar2 tanpa beban, seperti hubunganku terhadap saudara2 kandungku lainnya. Dan tambah hari aku jadi tambah mengasihi dia, katanya dia sih gitu juga ha..ha.... Ya Sila itu bagiku teman, sahabat, kakak, partner, dan suamiku...........

19 comments:

  1. nice story...
    jodoh mah gak kemana yaaaaa.... :-)

    ReplyDelete
  2. semogalanggeng dan rukun selalu ya mbak ....:)

    ReplyDelete
  3. semoga awet rukun sampe kake nene.. :-)

    ReplyDelete
  4. duuuh...babak mewek lagi deh aku....happy anniversary ya sin. semoga tuhan terus menguatkan kasih di dalam keluargamu

    ReplyDelete
  5. duuuhhhh roman abiss......moga langgeng ya mbak....pokoke till death do you both apart ya....

    ReplyDelete
  6. wah... ceritanya seru abis hehehe seneng lho aku bacanya mbak shinta pantas dipanggil bu sabar dooong hahaha hbs sabar banget ngadepin mas Silanya kalo aku udah bye2 tuh haha canda lagi kalo udah jodoh khan lari kemana,tul nggak? tp aku seneng ngeliat kalian yg kompak habis kalo satu marah yg satu ikut marah loh??? khan kompak atuh hahaha guyon guyon ah jng2 aku nggak dibikinin tempe lagi kalo pesen ntar hahaha. Seru abis,romantis juga nih mbak sintanya udah pantes nulis novel roman kalo critanya happy ending terus kayak ini ntar aku jd fan club member buku karyanya mbak sintha oke !!! Hidup nyonya Sila Darmawan ! Hidup mamanya Sekar! hehehe luv you all

    ReplyDelete
  7. Terimakasih doanya teman2 semua......Amin.... Sebenarnya malu nulis beginian di MP tapi keinginan ikut MP Writing Event yg diadain si ibu mengalahkan rasa maluku he..he.... Ayo teman2 lain ikutan juga, yg belum tahu batas akhirnya sampai tgl 30 Juni, cek di www.ezrakarundeng.multiply.com

    ReplyDelete
  8. he he he... romantis abis bu... kenal shinta pertama kali dari sila.. baru tau ceritanya begitu, cuma tau garis besarnya detail itu lo.. turut bahagia lho menyaksikan kebahagian kalian dari awal..kangen jakarta, kangen sama temen2 yang lucu2 dulu.. udah nggak ada lagi ya.. met anniversari shin.. sil.. happy always ya..

    ReplyDelete
  9. ckckckkckckckckkc......
    salut bu shinta...soulmate banget kayanya niy...
    ada versi extendnya ga tuh? hahhahahahaha...
    hepi anniversary buat om ma tanteku yaa...

    ReplyDelete
  10. Thanks Hera, semoga kalian juga selalu happy dan kompak. Iya nih kangen Jakarta dan teman2 yg konyol2 dulu. Ntar kalo mudik reuni-an yookkk!!

    ReplyDelete
  11. He..he... emang Lord of The Ring pake seri2an. Kalo mau cerita lainnya mending denger langsung aja asyiiikk spt dongengnya nenek2 he..he... Thanks ya semoga Sari cepet ketemu soulmatenya juga......

    ReplyDelete
  12. sampai mau ikutan nangis bacanya mba !
    walo udah ketebak, yg cowok sudah merasa nyaman sedari awal kenal .. soalnya udah suka usilllll :D

    semoga ya bisa sama2 terus, sama2 membesarkan anak dalam kondisi bahagia dan sehat selalu, amin amiin.

    ReplyDelete
  13. Segala yang terbaik diberikan TUHAN untuk kau Shinta....
    Pasti Sekar bangga punya papa Sila dan mama Shinta yang saling mengasihi ya
    Ikut senang dengarnya...anugerahNYA buat kalian sungguh luas biasa

    ReplyDelete
  14. he..he.. jadi malu... nostalgila... Btw soal usil sih sampe sekarang bapaknya Sekar teteeeppp usil. Terimakasih ya doanya, amin.....

    ReplyDelete
  15. Thanks Ayu.... Bener aku percaya apa yg diijinkan terjadi adalah yg terbaik dari Pencipta untuk kami.

    ReplyDelete
  16. Rencana Tuhan memang tidak terselami oleh kita, Tuhan telah merencanakan jauh sebelum kita memikirkannya.

    Selamat Ulang Tahun Perkawinan yang ke-6
    maaf terlambat

    GBU

    ReplyDelete
  17. Amiiinnnn. Thanks ya bro, semoga jalan percintaanmu juga diberi kemudahan......

    ReplyDelete
  18. Woow mbak shinta...oke deh cerita nostalgia tenda birunya...Semoga selalu langgeng dan senantiasa diberkati ya..

    ReplyDelete